Pilih Obligasi FR0040 Atau Deposito, Mana yang Profitnya Gede?

Cuma di Ajaib beli Obligasi return pasti 11%

Tidak bisa dipungkiri bahwa investasi menjadi salah satu cara jitu menghindari inflasi setiap tahunnya. Ditambah saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai target investasi. Hanya saja, setiap instrumen investasi memiliki risikonya masing-masing dan obligasi menjadi pilihan utama khususnya bagi kamu yang baru mulai investasi.

Salah satu jenis obligasi yang bisa dipilih adalah Obligasi FR atau fixed rate dengan kelebihan stabil, aman, bahkan hampir tanpa adanya risiko alias zero risk. Hal ini karena Obligasi FR dijamin oleh pemerintah. Di tahun 2024 ini menjadi momentum bagi kamu untuk memilih obligasi karena suku bunga The Fed berpotensi  turun, sehingga memicu penurunan suku bunga BI-Rate  Alhasil, penurunan suku bunga tersebut berpengaruh positif terhadap  kenaikan harga obligasi. 

Sebagai salah satu platform investasi, Ajaib menghadirkan Obligasi FR0040 yang bisa kamu beli melalui aplikasinya dengan return pasti dari kupon sebesar 11% dalam setahun yang dibayar setiap 6 bulan sekali. Hal ini jelas lebih tinggi jika dibandingkan dengan return deposito. Lalu, apakah Obligasi FR0040 bisa menjadi pilihan investasi yang tepat di tahun ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Cuma di Ajaib, Beli Obligasi FR0040 Return Pasti 11% per Tahun! 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Obligasi FR0040  tidak hanya menawarkan kupon sebesar 11% per tahun, namun investor juga merasa aman dalam berinvestasi karena obligasi ini dijamin oleh pemerintah.    Produk obligasi FR0040 sendiri bisa dibeli secara mudah melalui platform Ajaib dengan tingkat kupon tertinggi dibandingkan produk obligasi lainnya.

Oleh karena itu, Obligasi FR0040 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin diversifikasi portofolio investasi untuk mengatasi masalah kenaikan inflasi tahunan.

Apakah Deposito Masih Jadi Pilihan Investasi Menguntungkan?

Deposito merupakan produk simpanan berjangka di suatu bank yang memiliki ketentuan penarikan sehingga tidak dapat dicairkan secara fleksibel atau kapanpun. Biasanya syarat penarikan deposito ditentukan berdasarkan kesepakatan awal.

Mulai dari 1, 3, 6, sampai 12 bulan waktu pencairan dana dari deposito. Hal ini menjadikan deposito pilihan banyak orang dalam berinvestasi karena aman dan dijamin pengembaliannya disertai bunga tambahan.

Ditambah penyedia layanan deposito diharuskan sudah tercatat maupun diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Untuk suku bunga yang diperoleh dalam deposito sendiri mengacu pada bank penyedia layanan deposito, namun rata-rata mencapai 3,5%. Di samping itu, deposito juga memiliki sejumlah kekurangan dibandingkan Obligasi FR0040, di antaranya sebagai berikut:

  •  Tarif Pajak Deposito  lebih besar dibandingkan obligasi. Pajak Deposito sebesar 20%, sedangkan obligasi 10%.  .
  • Keuntungan deposito tidak sebesar instrumen investasi lainnya, seperti obligasi. Pada Obligasi investor mendapatkan return dari kupon dan capital gain.  . Sehingga tidak disarankan untuk dijadikan sumber utama penghasilan.
  • Penarikan dana simpanan yang tidak fleksibel sesuai dengan ketentuan atau kesepakatan pencairan di awal. Jika memilih deposito dengan jangka waktu selama 3 bulan, maka kamu tidak bisa menarik dana sebelum jatuh tempo. .
  • Jumlah deposito maksimal yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebesar Rp2 miliar, sedangkan Obligasi FR0040 dijamin seluruhnya oleh pemerintah. 

Perbandingan Obligasi FR0040 dan Deposito Bank

Setelah memahami Obligasi FR0040 dan deposito bank secara mendalam, tentunya kamu bisa mengetahui sejumlah perbandingan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih di antara keduanya. Untuk memudahkan perbandingan keduanya, kamu bisa pahami tabel berikut ini:

Obligasi FR0040 Deposito Bank
Bunga/kupon mencapai 11% Suku bunga mencapai 3,5%
Potongan pajak sebesar 10% Potongan pajak sebesar 20%
Jaminan oleh Pemerintah Indonesia Jaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan
Jaminan bunga/kupon dan dana 100% oleh Pemerintah Indonesia Jaminan bunga dan dana hanya mencapai Rp2 miliar per nasabah dan per bank 

Simulasi Penghitungan Investasi di Obligasi FR0040 dan Deposito Bank

Untuk lebih mudah memahami keuntungan yang dihasilkan dalam investasi Obligasi FR0040 maupun deposito bank, kamu bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini ketika membelinya melalui aplikasi Ajaib:

Jika kamu memiliki dana sebesar Rp200 juta untuk berinvestasi, simak kalkulasi perhitungan return jika diinvestasikan ke Obligasi FR0040 atau Deposito. 

Obligasi FR 0040 Deposito Bank
Modal Rp200 Juta Rp200 Juta
Kupon/Bunga 11% per tahun 3.5% per tahun
Pajak 10% 20%
Return per Tahun (net) *Rp19,8 juta Rp5,6 juta
*return per tahun dari kupon

Dengan memahami Obligasi FR0040 dan sejumlah keuntungan yang ditawarkan, tentunya kamu bisa mulai mempertimbangkannya sebagai instrumen investasi.

Apalagi kamu bisa mendapatkan Obligasi FR0040 secara mudah melalui aplikasi Ajaib. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa ada banyak keuntungan di dalamnya.

Mulai dari kupon PASTI 11% per tahun, modal dan kupon 100% dijamin oleh Negara, serta pajak atas kupon hanya sebesar 10% saja.

Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone dan mulai investasinya, sekarang.

The post Pilih Obligasi FR0040 Atau Deposito, Mana yang Profitnya Gede? first appeared on Ajaib.



source https://ajaib.co.id/obligasi-fr0040-atau-deposito-mana-yang-profitnya-gede/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bedah Saham SMGR di 2024, Emiten Produsen Semen Milik BUMN

Diversifikasi Aset Investasi di Ajaib, Lebih Mudah + Ada Hadiahnya!

Tutorial Convert File dengan ILovePDF