Cara Beli Saham Garuda Indonesia Secara Online

cara beli saham garuda indonesia

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak kenal maskapai penerbangan Garuda Indonesia? Saham Garuda ini sempat mengalami keterpurukan saat pandemi melanda. Namun, di kuartal 1-2024 ini, saham Garuda menunjukkan kinerja baiknya terlihat pertumbuhan pendapatan usaha secara group naik 18,07% menjadi US$ 711,98 juta di periode Januari-Maret 2024.

Baca Juga: Saham Garuda Indonesia Terus Meningkatkan Kinerjanya Lewat Strategi Bisnis

Meski mengalami peningkatan kinerja, harga saham garuda masuk ke dalam kategori saham gocap sejak awal 2024. Namun, momen ini bisa dimanfaatkan bagi kamu yang ingin membeli saham garuda. Kamu bisa membeli saham garuda melalui aplikasi Ajaib.

Tips Beli Saham Garuda Indonesia lewat Online

Meski saham GIAA sedang babak belur, apakah kamu tertarik memilikinya? Mengingat harganya yang sangat terjangkau. Namun sebelum berinvestasi saham, pastikan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu:

1. Pilih perusahaan sekuritas terpercaya

Untuk memiliki saham GIAA atau saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, kamu harus memiliki rekening efek di perusahaan sekuritas. Rekening tersebut akan menampung dana sekaligus portofolio sahammu.

Namun ingat, pilih perusahaan sekuritas terpercaya. Ia harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika ia terpercaya, namanya terdaftar dalam laman OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Pastikan pula perusahaan sekuritas tak pernah melanggar hukum atau terlibat kasus keuangan.

Jika telah memastikan izin OJK, saatnya membuka rekening efek. Kini, ada berbagai cara pembukaan rekening, yakni bisa dilakukan via daring dari laman perusahaan sekuritas, menyambangi kantornya, atau mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) di BEI.

2. Siapkan dana

Berinvestasi pasti memerlukan dana. Siapkan dana ketika membuka rekening efek, besarnya tergantung masing-masing perusahaan. Dana awal mulai Rp100,000 hingga Rp1 juta.

3. Unduh aplikasi saham

Karena kemudahan pendaftaran dan transaksi saham, kini masing-masing perusahaan sekuritas memiliki aplikasi saham. Unduh aplikasinya dan pelajari cara beli saham Garuda Indonesia atau lainnya, serta manfaatkan fitur dalam aplikasi tersebut.

Sebelum membuka rekening efek, tak ada salahnya bertanya ke teman atau kerabat yang lebih dulu berinvestasi saham. Tanyakan mengenai fitur aplikasi saham dari beberapa perusahaan sekuritas, apa saja fiturnya, user friendly atau tidak, apa kelebihan dan kekurangannya, dan pertanyaan lain. Karena masing-masing perusahaan memiliki fitur berbeda.

4. Pasang harga

Cara beli saham Garuda Indonesia tak lepas dari memasang harga. Lihat harga saat itu dan harga penawaran lainnya. Pasanglah harga dan manfaatkan fitur GTC (good till cancelled). GTC adalah fitur order (pembelian atau penjualan) yang tetap ada hingga order cocok (match) dengan harga yang diinginkan. Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki durasi GTC berbeda-beda.

Ada baiknya, sebelum bertransaksi, cari informasi sebanyak-banyak mengenai saham yang akan dibeli. Lakukan analisis fundamental dan coba bandingkan dengan saham lain yang masih satu sektor. Namun jika sudah yakin dan bertransaksi, jangan sering melihat pergerakannya.

Karena hal tersebut bisa memicumu bertindak emosional, seperti terburu-buru menjualnya. Padahal tujuan awalmu adalah saham sebagai investasi jangka panjang. Di sisi lain, tak ada salahnya mereview portofolio saham setelah 12 bulan.

Di tengah krisis akibat pandemi covid-19, pasar saham lesu. Meski demikian kamu tetap bisa berinvestasi. Menurut Henry Wibowo, Executive Director Head of Indonesia Research & Strategy JPMorgan, saham sektor consumer goods, communication services, dan energy mampu menambang imbal hasil. Karena produk dan/atau jasa ketiga sektor tersebut sangat dibutuhkan masyarakat di tengah krisis seperti ini.

Cara Beli Saham Garuda di Ajaib

Sebelum memulai investasi saham di Ajaib, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah mendaftar akun di aplikasi Ajaib.

Ikuti Langkah-langkah Membuka Rekening Saham di Ajaib dan isi rekening RDN kamu jika pendaftaran sudah berhasil dilakukan. Di mana, rekening RDN atau Rekening Dana Nasabah ini akan menyipan saldo kamu yang nantinya dapat digunakan untuk mulai berinvestasi saham di Ajaib.

Layaknya dompet digital, kamu perlu setor (top-up) RDN untuk mulai berinvestasi. Pasalnya, semua transaksi jual dan beli akan menggunakan RDN sebagai sumber dana. Nantinya, jika kamu mau menarik keuntungan investasi, kamu harus menarik (withdraw) dari RDN ke rekening asal kamu.

Setelah saldo RDN terisi, buka kembali Watchlist Saham yang sudah kamu buat dan mulai beli saham-saham tersebut atau membeli saham lain yang kamu inginkan. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih saham GIAA yang ingin kamu beli, setelah melihat performa dan analisisnya, lalu pilih ‘beli’.
  • Akan ada 2 tipe order, yaitu Limit Order dan Auto Order. Gunakan tipe Limit Order untuk beli atau jual saham dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Sedangkan tipe Auto Order memiliki durasi aktif dan syarat harga yang kamu tentukan.
  • Lalu, tentukan harga dan jumlah lot yang akan dibeli.
  • Jika kamu ingin mengaktifkan fitur Stop Loss/Take Profit agar tidak kehilangan momentum untuk meraih potensi profit, kamu bisa menekan toggle yang ada di sebelahnya. Kamu bisa memilih, ingin mengaktifkan kedua fitur Stop Loss & Take Profit, atau hanya salah satunya.
  • Jika sudah sesuai, lalu klik Beli.

Lakukan cara tersebut untuk membeli saham-saham lainnya. Untuk melihat apakah pesananmu telah berhasil, kamu bisa melihat pada Tab Riwayat yang ada di laman Portofolio.

Lalu, jika ingin melihat performa saham yang kamu beli, kamu bisa cek di laman Portofolio

Jangan lupa untuk menyalakan notifikasi agar kamu bisa mendapat informasi terbaru mengenai harga saham yang ada di watchlist-mu.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Sebagai aplikasi Pilihan #1 Investor Indonesia, Ajaib hadir untuk memberikan pengalaman trading yang lebih cepat, aman, dan handal. Yuk mulai berinvestasi di saham, reksa dana, hingga Aset Kripto di platform Ajaib. Proses pendaftarannya mudah dan 100% online.

Ada berbagai fitur menarik yang tersedia untuk membantu Anda memaksimalkan potensi profit dari trading saham, salah satunya X-TRA Day Trading. Anda dapat menikmati X-TRA buying power hingga 7x lipat untuk maksimalkan potensi cuan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib sekarang! Untuk investor crypto, Anda juga dapat mendownload aplikasi trading Ajaib Kripto di Play Store dan App Store.


Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

The post Cara Beli Saham Garuda Indonesia Secara Online first appeared on Ajaib.



source https://ajaib.co.id/cara-beli-saham-garuda-indonesia-secara-online/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bedah Saham SMGR di 2024, Emiten Produsen Semen Milik BUMN

Diversifikasi Aset Investasi di Ajaib, Lebih Mudah + Ada Hadiahnya!

Tutorial Convert File dengan ILovePDF