My Drive: Apa Itu dan Kegunaannya?

my-drive

Bagi kamu pengguna Google Drive, pasti kamu sangat familier dengan pilihan menu My Drive yang ada di Google Drive. Tapi, sudahkah kamu tahu apa fungsi My Drive di Google Drive tersebut?

Untuk mengetahui kegunaan dari My Drive di Google Drive itu seperti apa, kamu bisa mencari tahu informasi selengkapnya di artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan My Drive?

Saat kamu membuka Google Drive di laptop atau komputer, kamu pasti sering melihat ada pilihan menu My Drive yang berada di samping kiri layar komputer kamu.

Ketika kamu klik menu tersebut, kamu akan melihat tampilan semua dokumen yang disimpan di Google Drive milikmu. Kamu sebagai pengguna bisa mencari dokumen yang disimpan di Google Drive lewat My Drive berdasarkan tipe dokumen, akun pengguna, dan rentang waktu.

Fungsi My Drive pada Google Drive adalah sebagai fitur untuk menyimpan dokumen pengguna dalam bentuk PDF, Docs, Sheet, video, dan dokumen lain yang kamu unggah di Google Drive.

Walaupun Google Drive banyak digunakan oleh pengguna di luar sana, namun masih banyak pengguna Google Drive  yang belum tahu bahwa sebenarnya ada 2 fitur yang ditawarkan Google Drive bagi pengguna yaitu My Drive dan Shared Drive.

Perbedaan My Drive dan Shared Drive

Jika kegunaaan My Drive untuk menyimpan berbagai dokumen yang pengguna unggah di Google Drive. Tentu, sedikit berbeda dengan fitur Shared Drive yang ada di Google Drive.

Shared Drive adalah fitur Google Drive berupa spesial folder yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mencari, dan mengakses file bersama.

Pada Shared Drive, pengguna memungkinkan untuk membagikan file langsung ke maksimum 100 grup, dapat berisikan maksimum 100 tingkat folder bertingkat, Shared Drive bisa berisikan 500 ribu item, dan  batas penyalinan dan upload sebanyak 750 GB selama 24 jam.

Ketentuan penggunaan Shared Drive selengkapnya bisa kamu baca di Google Help yang membahas mengenai layanan Shared Drive bagi pengguna.

Secara garis besar, perbedaan utama My Drive dan Shared Drive bisa pengguna lihat berdasarkan:

·  Kepemilikan.

·  Penggunaan.

·  Pengaturan akses data.

·  Status anggota.

Pada layanan Google Workspace sendiri, layanan Shared Drive sudah termasuk ke dalamnya sedangkan My Drive adalah fitur penyimpanan pribadi yang terpisah.

Kamu bisa berlangganan Google Workspace mulai dari Rp7.000/bulan (harga promo) selama 2 bulan. Untuk mengetahui detail harga dan paket Google Workspace yang tersedia, kamu bisa mengunjungi situs Google One.

Apa Kegunaan My Drive?

Setelah kamu sudah mengetahui penjelasan apa itu My Drive dan apa perbedaannya dengan Shared Drive. Adanya fitur My Drive di Google Drive sebagai penyimpanan pribadi memiliki kegunaan sebagai berikut:

1.  Pengguna Tidak Khawatir Data yang Disimpan Hilang

File yang kamu unggah di Google Drive akan disimpan di My Drive secara aman karena fitur ini sendiri sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi, privasi, keamanan bawaan akun, dan pemindaian proaktif.

Dengan fitur-fitur tersebut, data yang kamu simpan di My Drive akan terenkripsi ketika dikirim dan disimpan di pusat data Google. Selain itu, file yang dibagikan kepada kamu juga akan langsung di-screening agar terhindar dari spam, malware, ransomware, dan phising.

Semua file atau dokumen yang kamu unggah di Google Drive dan disimpan di My Drive bersifat pribadi kecuali kamu memang membagikan file tersebut kepada pengguna lain.

Hal ini yang membuat layanan Google Drive dianggap aman karena telah menyediakan fitur enkripsi, privasi, pemindaian proaktif, dan keamanan bawaan akun. Sehingga, kamu sebagai pengguna tidak takut dan khawatir jika file yang disimpan di My Drive hilang.

2.  Berkapasitas Besar

Selain Google My Drive bisa kamu akses secara gratis, My Drive juga menawarkan penyimpanan data yang relatif cukup besar yaitu 15 GB untuk setiap pengguna. Kapasitas penyimpanan data ini tergolong besar. Karena kapasitas 1 GB saja setidaknya sudah bisa menyimpan sekitar 192 – 4.700 foto  JPEG tergantung resolusi dan kualitasnya.

Jadi, bisa kamu bayangkan berapa foto yang bisa kamu simpan dengan kapasitas penyimpanan di My Drive sebesar 15 GB. Jika kita hitung maka setidaknya ada sekitar 2.880 – 70.500 foto JPEG.

Kapasitas penyimpanan data yang ditawarkan ini lebih besar dibanding kapasitas penyimpanan data di email gratis.

Selain 2 kegunaan utama My Drive yang sudah disebutkan sebelumnya, My Drive atau kita kenal dengan Google Drive adalah layanan penyimpanan data berbasis cloud yang memiliki kegunaan sebagai penyimpanan file, menyediakan keamanan data, berbagi file, menyediakan backup otomatis, dan mengatur file.

Inilah alasan mengapa saat ini banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan flashdisk untuk menyimpan data pekerjaan dan lebih memilih menggunakan My Drive atau Google Drive untuk menyimpan data secara aman.

Cara Menggunakan My Drive atau Google Drive di Komputer

Untuk bisa mengakses layanan My Drive di Google Drive, kamu harus memiliki akun gmail terlebih dahulu dan mendaftarkannya pada akun Google milikmu.

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti panduan menggunakan My Drive di Google Drive seperti berikut:

·  Pada browser Google Chrome, kamu bisa klik menu Google App yang terletak di kanan atas layar komputermu.

·  Lalu, pilih Drive.

·  Pilih + New.

·  Klik File Upload.

·  Kemudian, kamu akan diminta untuk meng-upload file yang ingin diunggah dari komputermu.

·  Terakhir, pengguna hanya tinggal menunggu file yang diunggah selesai di-upload.

Setelah file yang kamu unggah berhasil, file tersebut akan tersimpan di My Drive milikmu.

Demikianlah apa itu My Drive dan kegunaannya, serta apa perbedaannya dengan Shared Drive. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menggunakan My Drive di Google Drive, kamu bisa mengikuti panduan menggunakan My Drive yang sudah kami jelaskan di artikel ini.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

The post My Drive: Apa Itu dan Kegunaannya? first appeared on Ajaib.



source https://ajaib.co.id/my-drive-apa-dan-kegunaannya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bedah Saham SMGR di 2024, Emiten Produsen Semen Milik BUMN

Apa Itu RoE (Return on Equity) pada XTRA Day Trading?

Cara Cepat Wujudkan Financial Goals dengan Kantong Ajaib!