Bedah e-IPO: Saham FORE Emiten Kopi Favorit, Beli Sekarang Hingga 9 April 2025

Bedah Saham IPO FORE, Emiten Kopi Favorit

Kamu pasti sudah sangat mengenal kopi Fore. Ya, semisal sedang suntuk, jenuh, mengantuk sampai dengan butuh inspirasi, di saat itu lah butuh segelas kopi, terlebih di kota-kota besar atau gedung perkantoran kedai kopi Fore jadi pilihan favorit ngopi. Nah, tahukah kamu Fore Coffee adalah brand kopi yang sudah sangat terkenal dan berkualitas, hingga akan segera IPO, yaitu emiten PT Fore Kopi Indonesia Tbk dengan kode saham IPO FORE.

Profil Singkat Emiten

PT Fore Kopi Indonesia Tbk (FORE) merupakan Perusahaan food and beverage yang beroperasi di bidang usaha Bisnis Kedai Kopi dengan merek “Fore” dan menawarkan produk utama roasted coffee. Dengan sudah mengoperasikan 230 outlet di 44 kota termasuk di Singapura.

Perusahaan FORE sudah berdiri sejak tahun 2018 hingga berhasil menghadirkan pengalaman kopi berkualitas tinggi. Menghasilkan inovasi yang sukses seperti Butterscotch Sea-Salt Latte yang terkenal, dengan lebih dari 8 juta cangkir ludes terjual sejak 2022.

Emiten IPO satu ini bergerak di bidang usaha Bisnis Kedai Kopi melalui berbagai jenis outlet yang mampu memenuhi preferensi konsumen yang beragam, FORE berhasil memposisikan dirinya sebagai pemain utama dalam industri kopi, baik di pasar dalam negeri maupun internasional.

Potensialnya, PT Fore Kopi Indonesia Tbk berada dalam posisi yang kuat untuk memanfaatkan tren Foodservice Roast Coffee guna memperluas pangsa pasar dan mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Daya tarik keunggulan Fore menyediakan tempat bernaung, di mana penikmat kopi bisa beristirahat sejenak dan menikmati secangkir kopi berkualitas tinggi. Di lokasi strategis yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mengkategorikan outlet yang dioperasikannya ke dalam tiga kategori, Flagship Store; Medium Store; dan Satellite Store.

Saat sebelum melaksanakan proses Penawaran Umum Saham Perdana (IPO), komposisi kepemilikan saham FORE terdiri atas Fore Holdings Pte. Ltd., Pemegang Saham Perseroan yang didirikan berdasarkan dan tunduk pada hukum negara Singapura dengan kepemilikan 99,997% saham, dan PT Otten Coffee Indonesia dengan 0,003% saham.

Detail IPO Saham FORE

Saham FORE melangsungkan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 1.880.000.000 lembar saham yang merupakan saham biasa atas nama dengan nominal Rp70 per lembar saham, atau sama dengan 21,08% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga IPO FORE Rp160 sampai dengan Rp202 per saham.

Hingga mengantongi dana segar maksimal mencapai Rp379,76 miliar.

Berikut merupakan struktur pemegang saham setelah aksi FORE IPO, Fore Holdings Pte. Ltd., dengan 78,918% saham, PT Otten Coffee Indonesia dengan 0,002% saham, dan Masyarakat 21,080% saham.

Penjamin pelaksana emisi efek FORE adalah Henan Putihrai Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Bersamaan dengan Partisipan Admin adalah Henan Putihrai Sekuritas.

Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Jadwal Penawaran Saham IPO FORE

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal (Masa Book Building e-IPO FORE) : 19 – 21 Maret 2025
  • Tanggal Efektif : 25 Maret 2025
  • Masa Penawaran Umum : 26 Maret – 9 April 2025
  • Tanggal Penjatahan : 9 April 2025
  • Tanggal Distribusi Saham : 10 April 2025
  • Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 11 April 2025

Rencana Penggunaan Dana IPO Saham FORE

Berdasarkan prospektus saham IPO FORE, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO setelah dikurangi biaya emisi, seluruhnya digunakan oleh Perusahaan untuk:

1. Mencapai 76% akan digunakan oleh Perusahaan untuk membuka 140 outlet baru yang saat ini belum memperoleh izin, dengan komposisi 10% untuk outlet Flagship, 80% untuk outlet Medium, dan 10% untuk outlet Satellite, yang termasuk tapi tidak terbatas pada biaya renovasi, biaya pengadaan peralatan dan perlengkapan outlet di wilayah Jabodetabek serta wilayah lain di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Penggunaan dana tersebut diproyeksikan untuk dijalankan secara bertahap dari tahun 2025 sampai dengan tahun 2026

2. Sejumlah 18% akan digunakan oleh Perusahaan untuk melakukan setoran modal kepada PT Cipta Favorit Indonesia, Perusahaan Anak Tambahan FORE, dan selanjutnya akan digunakan untuk membuka 30 outlet baru yang saat ini belum memperoleh izin, dengan komposisi 10% untuk outlet Flagship, 65% untuk outlet Medium dan 25% untuk outlet Satellite yang termasuk tapi tidak terbatas pada biaya renovasi, biaya pengadaan peralatan dan perlengkapan outlet di wilayah Jabodetabek serta wilayah lain di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Penggunaan dana tersebut direncanakan untuk dilangsungkan secara bertahap dari tahun 2025 sampai dengan tahun 2027.

3. Sisanya akan digunakan oleh Fore Kopi Indonesia sebagai modal kerja yang termasuk tapi tidak terbatas pada pembelian bahan baku seperti biji kopi, gula dan/atau sirup, susu, dan bubuk minuman serta bahan kemasan, biaya sewa untuk outlet dan biaya utilitas, seperti biaya air, listrik, telepon dan internet.

Kinerja Laporan Keuangan FORE

Prospektus saham IPO FORE memperlihatkan dalam kinerja 3 tahun plus tahun 2024 di 30 September, FORE berhasil mencatatkan kinerja yang terus bertumbuh positif dari tahun ke tahun, terutama pada periode secara tahunan pada tanggal 31 Desember 2023 dengan pencapaian Pendapatan mencapai Rp482 miliar, atau berhasil mencatat kenaikan 68% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode 31 Desember 2022 yang mencatatkan Pendapatan Rp286 miliar.

Alhasil berbuah manis pada Laba Kotor FORE menjadi senilai Rp302 miliar, dengan kenaikan 79% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan Laba Kotor hanya Rp168 miliar.

Peningkatan angka pendapatan tersebut terutama didukung oleh meningkatnya jumlah penjualan neto dari segmen minuman mengalami yang kenaikan mencapai 62,84%. Hal ini terutama didorong oleh penambahan outlet baru, popularitas yang terus meningkat atas inovasi produk-produk baru, dan kampanye pemasaran baik digital maupun offline langsung sehingga berhasil meningkatkan brand awareness, serta promosi yang dilakukan seperti diskon, bundling dengan makanan, dan kolaborasi dengan brand ambassador.

Rasio Keuangan FORE

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO FORE selama bulan Desember 2021 hingga kinerja September 2024:

Data di atas menunjukkan FORE secara fundamental dalam performa baik dan sehat, dengan Rasio Pertumbuhan dan juga Rasio Usaha mengalami kenaikan secara positif di pencatatan laporan keuangan terbaru 30 September 2024, FORE berhasil berhasil mencatat peningkatan Pendapatan Bersih mencapai 135,35%, dengan Net Profit Margin (NPM) mencapai 5,82% YoY di sepanjang tahun 2024, atau 30 September 2024.

Selanjutnya, catatan ekspansif di posisi Return on Asset (RoA) mencatat 7% dan Return on Equity (RoE) di 18,96%, hal ini mengindikasikan emiten FORE berhasil memaksimalkan ekuitas dan asset yang dimiliki untuk memperoleh laba.

Bersamaan dengan Rasio Solvabilitas yang terbilang sehat, terlihat pada Debt to Asset Ratio (DAR) 0,63 x dan Debt to Equity Ratio (DER) 1,71 x. Mencerminkan saham IPO FORE memiliki kinerja yang cukup sehat untuk meningkatkan performa rasio keuangan di masa depan.

Kebijakan Dividen Saham FORE

Prospektus saham IPO PT Fore Kopi Indonesia Tbk menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek mempunyai hak yang sama dan sederajat atas pembagian dividen saham FORE, Perseroan berkomitmen membayarkan dividen tunai dan dalam mata uang rupiah kepada pemegang saham yang tercatat pada suatu tanggal tertentu dengan jumlah paling sedikit 40% dari laba bersih setelah pajak dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari RUPS.

Prospek Bisnis FORE

Prospek Fore Kopi Indonesia di industri makanan dan minuman, dengan fokus utama pada produk roast coffee amat sangat berkembang pesat, terlebih di target pasar kelas menengah.

FORE berhasil menciptakan produk premium affordable yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Strategi ini memungkinkan Perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen yang responsif terhadap inovasi, sekaligus memberikan pengalaman ngopi yang unik melalui produk-produk yang ditawarkan.

Selain itu, prospek FORE makin menarik usai memperluas operasinya ke pasar internasional melalui Perusahaan Anak yang beroperasi di Singapura.

Di industri kopi Indonesia, emiten FORE memperlihatkan jelas kinerja nyata yang sangat baik dengan Same Store Sales Growth (SSSG) menyentuh 42% untuk periode sembilan bulan pertama di tahun 2024 per 30 September 2024, jauh di atas rata-rata global sebesar 5%. Keberhasilan ini mencerminkan kekuatan merek, strategi pemasaran yang efektif, dan inovasi produk yang menarik minat konsumen.

Dengan fokus pada kategori Foodservice Roast Coffee, yang diproyeksikan tumbuh signifikan hingga 66% dari total pasar kopi pada tahun 2030, PT Fore Kopi Indonesia Tbk berada dalam posisi yang kuat untuk memanfaatkan tren ini guna memperluas pangsa pasar dan mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Fore juga memanfaatkan perubahan budaya konsumsi kopi di pasar Indonesia, di mana konsumen semakin memilih untuk membeli roast coffee di luar rumah. Berdasarkan survei oleh Redseer, alasan utama konsumen membeli kopi di luar rumah adalah untuk bersosialisasi dengan keluarga dan teman (37%) dengan kata lain hangout, dan menikmati atmosfer outlet (22%) ngopi-ngopi.

Perubahan budaya konsumsi kopi di Indonesia di mana pengeluaran konsumen untuk kopi meningkat Indonesia telah mengalami perubahan budaya konsumsi kopi, di mana konsumen semakin memilih untuk mengonsumsi roast coffee di luar rumah dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi instan yang biasa dikonsumsi di rumah. Dengan perubahan preferensi ini, pasar roast coffee di tempat makan (Foodservice Roast Coffee), seperti kafe, hotel, dan restoran, diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang, seiring dengan meningkatnya ketersediaan untuk membayar (willingness to pay) untuk menikmati kopi yang berkualitas.

Dengan berbagai jenis outlet yang mampu memenuhi preferensi konsumen yang beragam, Fore berhasil memposisikan dirinya sebagai pemain utama dalam industri kopi, baik di pasar domestik maupun internasional.

Fore juga berfokus untuk memberikan experience yang unik bagi konsumen melalui produk-produk kopi. Melalui Perusahaan Anaknya, Fore Coffee Singapore Pte. Ltd., Perseroan juga beroperasi di pasar kopi Singapura.

Dari dalam negeri, pasar industri kopi di Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat di angka 11% setiap tahunnya dimulai dari tahun 2024 sampai dengan tahun 2030 mendatang. Adapun pada industri kopi dikategorikan menjadi beberapa kategori yakni foodservice roast, instant, packaged roast, dan Ready to Drink (RTD). Pertumbuhan tertinggi berasal dari kategori foodservice roast sebesar 66% di tahun 2030F, kontribusi tersebut tumbuh 14% dari tahun 2024.

Keunggulan Kompetitif

Perusahaan juga memiliki keunggulan yang menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan usahanya. Yang akan terus mendorong misi, pertumbuhan, serta keunggulan kompetitif Perseroan. Di mana kompetitif Perseroan sebagai berikut,

  1. Potensi pertumbuhan industri kopi didukung oleh budaya dan gaya hidup konsumsi kopi yang terus berkembang sebagai komponen penting bagi ekspansi bisnis Perseroan.
    Perseroan berambisi untuk memperluas jaringan outlet-nya sampai ke kota-kota kecil (Tier 3) dan meningkatkan eksposur terhadap outlet-nya di kota-kota besar (Tier 1 dan Tier 2).
  2. Kemampuan Perseroan untuk menciptakan produk yang unik dan inovatif bagi target pasar premium affordable yang didukung oleh tim riset dan pengembangan yang dinamis.
    Perseroan terus-menerus melakukan inovasi produk secara rutin untuk dapat menciptakan produk yang berbeda dengan kompetitornya dengan tetap mempertahankan biaya produksi yang kompetitif.
  3. Strategi ekspansi bisnis yang jelas serta didasarkan oleh analisis pasar yang komprehensif dan proses monitoring kinerja yang disiplin.
    Dengan membuka outlet di lokasi-lokasi yang strategis dengan konsep design yang nyaman dan berestetik, Perseroan dapat mengakomodir gaya hidup budaya kopi dari konsumennya.
  4. Interaksi digital yang intensif dengan konsumen melalui aplikasi Fore Coffee untuk mengembangkan kegiatan operasional dan penjualan sebagai katalis dalam menentukan keputusan bisnis yang strategis.
    Jauh sebelumnya, pada tahun 2018, FORE sudah mengembangkan dan meluncurkan aplikasi Fore Coffee yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan konsumen untuk memesan produk Perseroan secara online.
    Adapun, jumlah pembeli melalui aplikasi Fore Coffee terus meningkat dari tahun ke tahun, di mana saat ini aplikasi Fore Coffee telah dimiliki lebih dari 90 ribu, 280 ribu, 500 ribu dan 1,1 juta pengguna yang melakukan aktivitas pembelian untuk tahun 2021, 2022 dan 2023 dan 30 September 2024 secara beruntun.
  5. Dukungan yang kuat dari ekosistem East Ventures yang terdiversifikasi dan membawa bersinergi bagi Perseroan.
  6. Tim manajemen yang berpengalaman dengan pengetahuan industri yang mendalam sebagai penentu keberhasilan dari eksekusi kegiatan usaha.

Kesimpulan

Berdasarkan laporan prospektus e-IPO saham FORE, dalam kinerja 3 tahun memberi gambaran jelas kinerja keuangan yang baik dan bertumbuh di tiap periodenya, beserta bisnisnya yang memiliki keunggulan kopi berkualitas tinggi dan merek yang kuat FORE, hingga menjadi pemimpin pasar di Bisnis Kedai Kopi unggulan dan berpotensi terus bertumbuh.

Didukung oleh berbagai strategi kampanye pemasaran baik digital maupun offline sehingga berhasil meningkatkan brand awareness akan berdampak positif bagi pertumbuhan Perusahaan kedepannya.

Dengan prospek kinerja bisnis secara keseluruhan, saham FORE menarik untuk dimasukkan ke dalam watchlist saham IPO teman-teman.

Beli saham e-IPO di Ajaib aja! Karena di Ajaib:

  1. Proses Mudah, BEBAS Biaya
  2. Fleksibel, Bisa Ubah/Cancel Order
  3. Dapatkan Hadiah Saldo RDN
  4. Akses Mudah Bedah Saham eIPO

Berikut cara beli saham e-IPO di Ajaib:

  1. Buka aplikasi Ajaib, pastikan Anda sudah punya akun Ajaib
  2. Pilih tab Market, lalu dibagian Kalender Saham, pilih e-IPO
  3. Lalu, tinggal pilih saham e-IPO apa yang Anda inginkan 
  4. Klik Pesan, masukkan Harga dan jumlah Lot

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

The post Bedah e-IPO: Saham FORE Emiten Kopi Favorit, Beli Sekarang Hingga 9 April 2025 first appeared on Ajaib.



source https://ajaib.co.id/bedah-saham-fore/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bedah Saham IPO MINE: Profil Emiten, Laporan Keuangan, Prospek Bisnis

Bedah Saham SMGR di 2024, Emiten Produsen Semen Milik BUMN

Bedah Saham PTRO, Bagaimana Prospeknya di 2025?